TOPIK 3 AKSI NYATA
PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN
NUR FITRIA AMALIA_PPG PGSD 2




Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum mengikuti perkuliahan pada topik ini, saya hanya berfikir bahwa dalam dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Guru hanya butuh untuk mengetahui karakter internal pada diri siswa saja. Tidak secara menyeluruh mengenai aspek sosial, budaya, ekonomi dan politik pada peserta didik.


Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Pada topik ini, saya belajar mengenai faktor sosiokultural dalam pendidikan khususnya di berbagai daerah yang tertinggal. Dari berbagai pandangan serta faktor sosiokultural tersebut akan memengaruhi pelaksanaan pembalajaran di daerah satu dengan yang lain berbeda. Dari berbagai sudut pandang tersebut dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi saya saat berada pada posisi yang sama seperti pada video guru mengajar.


Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam Ruang Kolaborasi, hal yang dibahas dalam diskusi kelompok antara lain mengenai pandangan tentang perspektif sosiokultural yang memengaruhi proses pendidikan, kesiapan mengajar, persamaan dan perbedaan perspektif sosialbudaya yang memengaruhi proses pendidikan serta bagaimaa persamaan dan perbedaan pandangan mengajar dengan memerhatikan perspektif sosialbudaya pada peserta didik.


Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Dalam topik ini, saya bersama kelompok menyampaikan hasil diskusi kepada seluruh kelas melalui presentasi. Setelah itu, kelompok lain memberikan pertanyaan dan tanggapan terhadap presentasi yang kami berikan. Melalui kegiatan diskusi dalam presentasi ini dapat menambahkan pengetahuan serta wawasan tentang perspektif sosiokultural dalam pendidikan.


Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Dari topik ini, saya belajar mengenai apa saja faktor sosiokultural yang memengaruhi pelaksanaan pendidikan. Dan bagaimana cara guru untuk mengetahui karakteristik tersebut melalui pendekatan terhadap peserta didik. Selanjutnya guru merancang tujuan pembelajaran yang ingin dicapai sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Hal baru yang saya dapatkan pada topik ini yaitu mengenai bagaimana cara yabg harus dilakukan oleh seorang pendidik untuk bisa mengetahui berbagai keragaman sosiokultural yang dimiliki oleh peserta didik seperti yang ada dalam video guru muda.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Hal yang akan saya pelajari lebih lanjut yaitu bagaimana nantinya saya bisa menjadi pendidik yang profesional dan pendidik yang diharapkan oleh peserta didik dengan cara seperti yang dilakukan oleh guru muda.


Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Hal yang saya pelajari dalam koneksi antar materi ini yaitu mengenai informasi pendidikan yang baru saya ketahui. Seperti pada mata kuliah ini, saya belajar tentang bagaimana cara menganalisis karakteristik peserta didik. Selain itu dengan adanya analisis peserta didik, akan dapat saya gunakan dalam pelaksanaan pembelajaran, penentuan teknologi serta penentuan assesment pembelajaran.


Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Manfaat dalam mata kuliah ini yaitu memberikan informasi baru bagi saya sebagai calon seorang pendidik profesional mengenai berbagai cara untuk menganalisis karakter serta keberagaman peserta didik yang nantinya akan saya gunakan saat saya melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Menurut saya, kesiapan saya menjadi seorang guru masih pada skala 7/10. Dimana saya harus terus belajar mengenai cara-cara menjadi pendidik yang profesional melalui perkuliahan PPG Prajabatan ini.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Yang harus saya persiapkan lebih lanjut yaitu saya harus lebih giat untuk melajar dan mencari informasi dari berbagai platform untuk menambah pengetahuan saya sebagai calon guru profesional.


Komentar

Postingan populer dari blog ini