TOPIK 3 AKSI NYATA
FILOSOFI PENDIDIKAN
NUR FITRIA AMALIA_PPG PGSD 2



 


Mahasiswa membuat sebuah tulisan reflektif dalam bentuk artikel atau jurnal untuk menguatkan pemahaman tentang identitas manusia Indonesia dengan mengacu pada panduan berikut:

1.  

Mahasiswa mengobservasi secara kritis tanda dan simbol yang ada di ekosistem sekolah dan proses pembelajaran tentang penghargaan dan penghayatan terhadap kebhinekatunggalikaan.

Berdasarkan kegiatan observasi di SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya khususnya pada kelas II tampak proses pembelajaran tentang penghargaan dan penghayatan terhadap kebhinekatunggalikaan. Hal tersebut terlihat dalam keberagaman yang ada di kelas II yaitu terdapat beberapa siswa non islam. Dengan perbedaan tersebut mengajarkan artinya keberagaman sehingga tumbuh sikap saling toleransi dan menghargai diri antar sesama siswa.

Terdapat beberapa simbol penghargaan dan penghayatan terhadap kebhinekatunggalikaan sebagai penguatan identitas di SDN Dukuh Kupang 1. Terbukti dengan adanya lambang Garuda di setiap kelas yang ditempelkan di dinding bagian atas dan disampingnya diberikan foto presiden dan juga wakil presiden Indonesia. Dari lambang Garuda tersebut dapat dikatakan bahwa manusia  Indonesia  memiliki  keanekaragaman  suku,  adat, budaya,  bahasa  dan  lain-lain. Sehingga asas bangsa Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika yang artinya Berbeda-beda tetapi tetap satu juga.

Implementasi asas Bhineka tunggal ika dalam kelas dilakukan dengan  pembiasaan  menyanyikan  lagu  nasional, membaca Pancasila,  salaman  dengan bapak ibu guru setiap pagi diterapkan setiap hari. Ini juga merupakan bentuk atau simbol yang menunjukkan  bahwa  Manusia  Indonesia  adalah  orang yang sopan,  santun,  ramah,  cinta tanah air  dan  lain-lain  yang  sudah  dibiasakan  kepada  anak  sejak  kecil.  Pembelajaran  yang memberikan kebebasan pesertadidik untuk berpendapat sesuai dengan nilai Pancasila sila ke-4. Hal ini juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu Kurikulum Merdeka yang menjunjung tinggi merdeka belajar dan memerdekakan peserta didik.


Gambar Ruang Kelas II

2. 

Mahasiswa menuliskan secara kritis bagaimana penghayatan nilai-nilai Pancasila yang ada di sekolah menguatkan identitas manusia Indonesia.

Berdasarkan hasil pengamatan, penerapan nilai-nilai Pancasila di SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya sebagai penguatan identitas manusia dilakukan dengan cara sebagai berikut:

a.      Sila Ketuhanan yang Maha Esa

Sila pertama mengandung makna bahwa setiap manusia memiliki keyakinan dan berkewajiban untuk bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Adapun implementasi sila pertama di SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya antara lain:

1)      Berdo’a sebelum dan sesudah belajar,

2)      Menghargai teman yang berbeda keyakinan,

3)      Melaksanakan salat berjamaah,

4)      Membaca surah pendek di pagi hari.

Kegiatan Ber’doa sebelum Pembelajaran

b.      Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradap

Sila kedua memiliki makna setiap manusa memiliki hak yang sama serta memiliki kedudukan yang sama diatas hukum. Adapun implementasi sila kedua di SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya antara lain:

1)      Menghargai perbedaan pendapat antar teman,

2)      Menghormati bapak dan ibu guru,

3)      Saling peduli dengan teman lain,

4)      Menaati tata tertib sekolah.

c.       Sila Persatuan Indonesia

Sila ketiga memiliki makna bahwa manusia Indonesia merupak manusia yang beragam, namun tujuannya tetap sama yaitu untuk bersatumenjadi bangs Indonesia. Adapun implementasi sila ketiga di SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya antara lain:

1)      Tidak membeda-bedakan teman satu dengan yang lain,

2)      Mengikuti upacara bendera di hari senin,

3)      Membaca pancasila di awal pembelajaran,

4)      Menyanyikan lagu Indonesia Raya,

5)      Menghargai kebudayaan dan juga perbedaan individu.

     Kegiatan Upacara Bendera

d. Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Sila keempat Pancasila memiliki makna bahwa dengan bermusyawarah akan mengarah kepada mufakat. Adapun implementasi sila keempat di SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya antara lain:

1)      Melakukan diskusi antar teman,

2)      Menerima saran dan kritikan antar sesama manusia,

3)      Menyelesaikan permasalahan secara berkelompok,

4)      Selalu mendengarkan pendapat dari guru ataupun antar teman lainya.

Kegiatan Diskusi

e.       Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Sila kelima mengandung makna bahwa tujuan dari bangsa Indonesia adalah tercapainya masyarakat adil dan juga makm\ur. Adapun implementasi sila kelima di SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya antara lain:

1)      Bersikap adil antar teman,

2)      Menghromati hak teman lain,

3)      Tidak mengejek teman lain,

4)      Bekerja sama agar kelas menjadi nyaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini