TOPIK 3 AKSI NYATA
FILOSOFI PENDIDIKAN
NUR FITRIA AMALIA_PPG PGSD 2
Mahasiswa membuat sebuah tulisan reflektif
dalam bentuk artikel atau jurnal untuk menguatkan pemahaman tentang identitas
manusia Indonesia dengan mengacu pada panduan berikut:
1.
Mahasiswa mengobservasi
secara kritis tanda dan simbol yang ada di ekosistem sekolah dan proses
pembelajaran tentang penghargaan dan penghayatan terhadap
kebhinekatunggalikaan.
Berdasarkan kegiatan observasi di SDN Dukuh
Kupang 1 Surabaya khususnya pada kelas II tampak proses pembelajaran tentang
penghargaan dan penghayatan terhadap kebhinekatunggalikaan. Hal tersebut
terlihat dalam keberagaman yang ada di kelas II yaitu terdapat beberapa siswa
non islam. Dengan perbedaan tersebut mengajarkan artinya keberagaman sehingga
tumbuh sikap saling toleransi dan menghargai diri antar sesama siswa.
Terdapat beberapa simbol penghargaan dan
penghayatan terhadap kebhinekatunggalikaan sebagai penguatan identitas di SDN
Dukuh Kupang 1. Terbukti dengan adanya lambang Garuda di setiap kelas yang
ditempelkan di dinding bagian atas dan disampingnya diberikan foto presiden dan
juga wakil presiden Indonesia. Dari lambang Garuda tersebut dapat dikatakan
bahwa manusia Indonesia memiliki
keanekaragaman suku, adat, budaya,
bahasa dan lain-lain. Sehingga asas bangsa Indonesia
adalah Bhineka Tunggal Ika yang artinya Berbeda-beda tetapi tetap satu juga.
Implementasi asas Bhineka tunggal ika dalam kelas dilakukan dengan pembiasaan menyanyikan lagu nasional, membaca Pancasila, salaman dengan bapak ibu guru setiap pagi diterapkan setiap hari. Ini juga merupakan bentuk atau simbol yang menunjukkan bahwa Manusia Indonesia adalah orang yang sopan, santun, ramah, cinta tanah air dan lain-lain yang sudah dibiasakan kepada anak sejak kecil. Pembelajaran yang memberikan kebebasan pesertadidik untuk berpendapat sesuai dengan nilai Pancasila sila ke-4. Hal ini juga sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu Kurikulum Merdeka yang menjunjung tinggi merdeka belajar dan memerdekakan peserta didik.
Gambar Ruang
Kelas II
2.
Mahasiswa
menuliskan secara kritis bagaimana penghayatan nilai-nilai Pancasila yang ada
di sekolah menguatkan identitas manusia Indonesia.
Berdasarkan hasil pengamatan, penerapan
nilai-nilai Pancasila di SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya sebagai penguatan
identitas manusia dilakukan dengan cara sebagai berikut:
a. Sila Ketuhanan
yang Maha Esa
Sila pertama mengandung makna bahwa setiap manusia
memiliki keyakinan dan berkewajiban untuk bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
Adapun implementasi sila pertama di SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya antara lain:
1) Berdo’a sebelum dan sesudah belajar,
2) Menghargai teman yang berbeda keyakinan,
3) Melaksanakan salat berjamaah,
4) Membaca surah pendek di pagi hari.
Kegiatan Ber’doa sebelum Pembelajaran
b. Sila
Kemanusiaan yang Adil dan Beradap
Sila kedua memiliki makna setiap manusa memiliki hak
yang sama serta memiliki kedudukan yang sama diatas hukum. Adapun implementasi
sila kedua di SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya antara lain:
1) Menghargai perbedaan pendapat antar teman,
2) Menghormati bapak dan ibu guru,
3) Saling peduli dengan teman lain,
4) Menaati tata tertib sekolah.
c. Sila
Persatuan Indonesia
Sila ketiga memiliki makna bahwa manusia Indonesia
merupak manusia yang beragam, namun tujuannya tetap sama yaitu untuk
bersatumenjadi bangs Indonesia. Adapun implementasi sila ketiga di SDN Dukuh
Kupang 1 Surabaya antara lain:
1) Tidak membeda-bedakan teman satu dengan
yang lain,
2) Mengikuti upacara bendera di hari senin,
3) Membaca pancasila di awal pembelajaran,
4) Menyanyikan lagu Indonesia Raya,
5) Menghargai kebudayaan dan juga perbedaan
individu.
Kegiatan Upacara Bendera
d. Sila
Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan
Perwakilan
Sila keempat Pancasila memiliki makna bahwa dengan
bermusyawarah akan mengarah kepada mufakat. Adapun implementasi sila keempat di
SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya antara lain:
1) Melakukan diskusi antar teman,
2) Menerima saran dan kritikan antar sesama
manusia,
3) Menyelesaikan permasalahan secara
berkelompok,
4) Selalu mendengarkan pendapat dari guru
ataupun antar teman lainya.
e. Sila
Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Sila kelima mengandung makna bahwa tujuan dari bangsa
Indonesia adalah tercapainya masyarakat adil dan juga makm\ur. Adapun
implementasi sila kelima di SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya antara lain:
1) Bersikap adil antar teman,
2) Menghromati hak teman lain,
3) Tidak mengejek teman lain,
4) Bekerja sama agar kelas menjadi nyaman.
Komentar
Posting Komentar