TOPIK 6 AKSI NYATA

PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN

NUR FITRIA AMALIA_PPG PGSD 2

 


Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Sebelum memulai topik ini, saya sudah mengetahui tentang makna dari faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik. Namun saya belum mengetahui bagaimana cara yang bisa dilakukan oleh seorang guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan memerhatikan faktor tersebut.


Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Pada topik ini, saya belajar tentang bagaimana cara untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah dengan memerhatikan faktor sosial, budaya, ekonomi dan juga pilitik.


Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

Yang saya pelajari dalam topik ini yaitu mengenai isu dalam penyelenggaraan pembelajaran dengan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan juga politik yang memengaruhi kegiatan belajar dikelas. Selain itu, saya juga belajar tentang persamaan dan juga pernedaan pandangan tentang isu dalam penyelenggaraan pembelajaran dengan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan juga politik yang memengaruhi kegiatan belajar dikelas.


Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal penting yang saya pelajari dalam proses demonstrasi kontekstual yaitu mengenai pemikiran antara teman yang berbeda. tidak hanya pemikiran isu dalam penyelenggaraan pembelajaran dengan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan juga politik yang memengaruhi kegiatan belajar dikelas saja, namun juga tentang pandangan pribadi mereka terkait isu dalam penyelenggaraan pembelajaran dengan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan juga politik yang memengaruhi kegiatan belajar dikelas.


Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? 

Sejauh ini, yang sudah saya fahami tentang konsep ini yaitu tentang apa saja isu dalam penyelenggaraan pembelajaran dengan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan juga politik yang memengaruhi kegiatan belajar dikelas.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa pemahaman baru yang saya dapatkan yaitu terkait isu dalam penyelenggaraan pembelajaran dengan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan juga politik yang memengaruhi kegiatan belajar dikelas. Selain itu, saya juga belajar tentang persamaan dan juga pernedaan pandangan tentang isu dalam penyelenggaraan pembelajaran dengan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan juga politik yang memengaruhi kegiatan belajar dikelas.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?  

Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut yaitu terkait bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang yang baik dan berkualitas dengan memerhatikan faktor sosial, budaya, ekonomi dan juga politik dalam pembelajaran dikelas.


Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? 

Dalam bahasan ini, koneksi antar materi membahas keterkaitan antar topik dalam mata kuliah satu dengan yang lainnya. Hal yang dapat saya kaitakan dalam topik ini yaitu terkait isu dalam penyelenggaraan pembelajaran dengan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan juga politik yang memengaruhi kegiatan belajar dikelas. Selain itu juga memerhatikan faktor-faktor yang memengaruhi proses pembelajaran yaitu faktor sosiokultural serta faktor yang menjadi ciri khas manusia Indonesia yang berkebhinekatunggalikaan, religius serta berjiwa pancasila.


Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? 

Topik ini memberikan pemahaman baru kepada saya terkait pelaksanaan proses pembelajaran yang berpedoman atau sesuai dengan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan juga politik yang memengaruhi kegiatan belajar dikelas.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Berdasarkan materi yang sudah dibahas di topik ini ataupun sebelumnya, saya dapat menilai diri saya pada skala 7 terkait kesiapan menjadi seorang guru. Karena menurut saya setiap manusia harus senantiasa belajar untuk menambah pengathuan dan juga wawasan mereka.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Hal yang harus saya persiapkan lebih lanjut adalah mengenai kualitas saya sebagai seorang pendidik khususnya dalam penguasaan materi ajar.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini